Sabtu, 20 Februari 2016

Referensi Instrument Engineer

Berikut merupakan beberapa referensi baik buku maupun website yang dapat menjadi acuan anda untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia Instrumentasi.

1. Forum - Forum dan milis online

Tergabung dalam suatu forum - forum diskusi online sangat membantu anda memberikan gambaran praktis mengenai masalah - masalah yang muncul seputar dunia instrumentasi. Selain itu, kita juga dapat aktif bertanya maupun mencoba menjawab/memberikan saran atas pertanyaan yang dilontarkan dalam forum tersebut.

Di internet banyak sekali forum diskusi bagus dan dapat kita ikuti. Berikut Forum/milis yang saya sarankan jika :


  • [SHARING] Kerja di Oil & Gas Industry Kaskus, memberikan gambaran global mengenai bekerja di dunia Industri Oil & Gas, tidak jarang juga ada informasi lowongan pekerjaan & referensi - referensi menarik.
  • Milis Yahoo Migas indonesia, memberikan gambaran global mengenai pekerjaan di Industri Oil & Gas. Milis ini diikuti oleh mahasiswa sampai professional di bidang nya.Untuk bergabung ke Milis ini pun kita harus mendaftar dan menunggu konfirmasi dari pengelola milis. 
  • www.control.com, forum yang sangat disarankan dimana berisi diskusi permasalahan praktis yang biasa ditemui di lapangan. Anda dapat mendaftar untuk ikut aktif dalam forum tersebut.
2. Instrument Engineers' Handbook - Bela G. Liptak

Kalo Biksu Tong seorang Instrument Engineer pasti dia sudah mencari - cari buku ini sampai ke Barat. hehehe..



Kenyataanya buku ini memang menjadi acuan atau Kitab Suci nya seorang Instrument Engineer. Buku ini terbagi menjadi 3 Volume, antara lain :

  • Process Measurement and Analysis yang berfokus pada pembahasan mengenai pengukuran Laju aliran (Flow), Tinggi (Level), Suhu (Temperature), Tekanan (Pressure), densitas, viskositas, analyzer, komposisi dan sensor untuk keperluan safety. Dibahas oleh lebih dari 100 orang profesional (kurang mantep apa coba)
  • Process Control and Optimization yang berfokus pada Process Control. Dibahas mulai dari dasar - dasar teori kontrol seperti kontrol PID, Feedback Control, Feedforward Control, Ratio Control sampai dengan contoh kasus pada suatu unit Operasi. Dibahas juga mengenai metode Sizing dan Pemilihan Control Valve dan mengenai Control System.
  • Process Software and Digital Networks yang banyak membahas mengenai Sequence pekerjaan ketika hendak mendesain suatu Plant, dokumen - dokumen Engineering. Dibahas juga mengenai Safety Instrumented System, teknologi komunikasi data dan Software terkait industri proses. 
Buku ini sangat lengkap bin kumplit tapi juga mahall... (cek bisa sampai $270) Buku ini lebih diperuntukkan kepada professional dan banyak me-refer ke Standard - standard internasional



3. Successful Instrumentation and Control Systems Design - Michael D Whitt 

Buku ini menjadi acuan kita dalam mendesain dan mengeksekusi suatu project EPC. Dibahas secara runtun mulai dari alur suatu project EPC, Scope of Work kita sebagai seorang instrument Engineer, dokumen - dokumen Engineering, dan beberapa contoh Dokumen serta Drawing.



Sangat disarankan bagi anda yang akan menggeluti dunia EPC. Dengan merogoh kocek sekitar $160 anda sudah bisa membawa pulang buku ini.

4. Youtube atau Video lainnya

Tidak bisa dipungkiri, terkadang kita malas untuk membuka lembaran - lembaran buku tersebut. Cara paling mudah dan tidak Ngantuki yaitu dengan menonton Video - video di Youtube. Biasanya, selain mengenalkan produk mereka, para vendor juga memberikan gambaran cara kerja dengan animasi yang menarik dan mendetail mengenai produk - produk mereka (Transmitter, Control Valve, Controller dsb). Hal ini cukup memberikan kita gambaran mengenai kinerja alat tersebut, terlebih bagi kita yang belum pernah ke lapangan untuk melihat secara langsung.



Tips nya adalah kita mengetahui kata - kata kunci seputar dunia instrumentasi.

5. Lesson in Industrial Instrumentation - Tony Kuphaldt

Merupakan buku yang memberikan kita penjelasan mengenai Instrumentasi Industri dengan sangat lengkap. Mulai dari Ilmu - ilmu dasar yang harus kita kuasai seperti Fisika, Matematika & Kimia hingga materi mengenai Instrumentasi itu sendiri. Materi tersebut juga disajikan dengan gambar - gambar yang sangat komunikatif sehingga memudahkan kita memahami materi yang ada.



Selain itu, si penulis tampaknya selalu melakukan Update materi seiring dengan perkembangan dunia Instrumentasi (sampai dengan artikel ini ditulis buku ini sudah sampai versi 2.16).

Jika kita sudah selesai membaca buku ini, di situs nya sendiri terdapat materi - materi tambahan (pengayaan) yang dapat kita unduh secara terpisah. Terdapat banyak soal - soal seputar instrumentasi dan dasar nya yang dapat kita kerjakan. Soal - soal nya sendiri dapat saya katakan sangat baik karena dapat meningkatkan pemahaman kita dan banyak yang berdasarkan permasalahan yang ada di lapangan.

Hebatnya, semua itu dapat anda unduh secara GRATISS!!, Tis tis..

Anda dapat mengunduh buku tersebut pada link di bawah ini :
http://www.ibiblio.org/kuphaldt/socratic/sinst/


Nah, referensi di atas saya rasa cukup powerful, tidak usah banyak - banyak dikit dulu saja yang penting dibaca tenanan. 

1 komentar:

Review Field Instrument - Dresser Masoneilan

Dresser Masoneilan Site :  http://site.ge-energy.com/corporate/shark/index.htm Youtube Channel : - Model : FVP110 Aplikasi : Positioner ...