Jumat, 22 Januari 2016

DASAR PENGUKURAN VIBRASI (4/4)

Sensor Vibrasi

Jenis sensor Vibrasi yang umum digunakan adalah : Displacement Sensor, Velocity Sensor, dan Acceleration Sensor. Seperti namanya, Displacement Sensor mengukur perubahan jarak antara Elemen Mesin yang berputar dengan Housing nya (Frame) yang diam. Displacement Sensor ini berupa Probe yang memiliki Thred (ulir) yang dipasang di Frame dari mesin.


Desain dari Displacement Sensor adalah berbasis eddy current untuk mengukur jarak antara permukaan Probe dengan Shaft Mesin yang berputar. Sensor nya sendiri diselubungi oleh kumparan yang di energize oleh arus AC. Medan magnet yang dihasilkan kumparan tersebut menginduksi eddy current yang terdapat pada Shaft tersebut. Semakin dekat Shaft tersebut dengan permukaan Probe, semakin kuat Eddy Current tersebut.

Terdapat Modul Proximitor sebagai Rangkaian Osilator yang memberikan eksitasi pada kumparan sensor tersebut. Modul ini mendapatkan suplai power 24 VDC dan "menggerakkan" kumparan sensor melalui kabel Coaxial. Jarak dari Sensor dan Shaft direpresentasikan dalam tegangan DC melalui Modul Proximitor. Dengan 200 mV per mil (1 mil = 1/1000 inch)




Modul Proximitor dari Bentyl Nevada


Pemasangan Probe. Dua Probe X & Y untuk radial dan satu Probe Z untuk Axial.

Modul Bently Nevada

Video Tambahan


Introduction to Proximity Probes for Vibration Monitoring


Video indiahe :D sepertinya sedang melakukan tes Interlock pada sistem Bently Nevada 3500.


Proses Kalibrasi Proximity Probe

Sumber :

Tony R. Kuphaldt Lesson in Industrial Instrumentation
Bently Nevada 3500 Manual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Field Instrument - Dresser Masoneilan

Dresser Masoneilan Site :  http://site.ge-energy.com/corporate/shark/index.htm Youtube Channel : - Model : FVP110 Aplikasi : Positioner ...