Kamis, 07 Juli 2016

Review Field Instrument - ABB

ABB
Site : http://www.abb.com/
Youtube Channel : https://www.youtube.com/user/ABBMeasurementExpert
Model : 266, TTF300, TZIDC, TZID,
Aplikasi : PT, DPT, FT, TT, Positioner
Protocol : Foundation Fieldbus, HART

ABB


Jujur Penulis baru pertama ketemu ini produk untuk transmitter dan positioner dan selama proses commisioning merupakan yang paling bermasalah. Mulai dari Enclosure yang kemasukan air (Kurang rapat atau gimana) sehingga ditambahkan lapisan silikon di luar nya sampai beberapa Transmitter berguguran/Fail (Mungkin juga karena kondisi proses yang cukup ekstrim).

Konfigurasi

Untuk Transmitter Konfigurasi dapat dilakukan melalui fasilitas Tombol pada LCD ataupun menggunakan Field Communicator. Jika Transmitter dilengkapi dengan LCD, akan sangat mudah melakukan pengaturan standard karena kita akan langsung familiar dengan tampilannya. Tampilannya mengingatkan saya pada Hape NOKIA jadul tetapi sangat lengkap. Mulai dari merubah Tag Number, Addressing (untuk Fieldbus), URV, LRV, Kalibrasi, Engineering Unit dsb. LCD nya pun cukup jelas dan kontras dilengkapi dengan Backlight yang memudahkan orang operasi untuk membaca saat malam2 (Ngapain lewat Console DCS juga bisa hehe). Namun, untuk melakukan pengaturan dengan menggunakan Field Communicator sedikit membingungkan pada menu - menu nya tidak seperti merek tetangga.

ABB


Lain halnya dengan Positioner nya. Jika anda pertama kali menggunakan Positioner ini, untuk melakukan proses konfigurasi dan atau kalibrasi anda akan menemui interface yang cukup aneh dan membingungkan. Memang pada Positioner nya dilengkapi dengan LCD dan 4 Tombol. Namun, Pengoperasiannya yang cukup membingungkan karena terdapat beberapa kombinasi tombol dan ada yang perlu di Hold dsb (Seperti memasukkan Cheat pada Game). intinya interface nya sangat buruk dan anda harus benar2 memahami manual yang ada jika tidak ingin ada kesalahan. Buruknya, menggunakan Field Communicator tidak akan banyak membantu karena anda akan menemui masalah serupa berupa menu - menu yang membingungkan. Saya pribadi merekomendasikan untuk melakukan konfigurasi menggunakan Tombol dan tampilan lokal (masih lebih mending).

ABB

Anda harus membuka Enclosure Positioner untuk mengakses tombol konfigurasi

Dukungan Software & Manual

Manual ini menjadi sangat wajib ketika anda melakukan konfigurasi khususnya pada Positioner. Anda dapat mengunduh semua itu pada website resmi ABB. DD File juga disediakan untuk di unduh pada website ABB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Field Instrument - Dresser Masoneilan

Dresser Masoneilan Site :  http://site.ge-energy.com/corporate/shark/index.htm Youtube Channel : - Model : FVP110 Aplikasi : Positioner ...