Selasa, 01 Desember 2015

Replacement Fieldbus Device on Honeywell Control Builder

Yap, dapat dipastikan suatu Field device suatu saat nanti akan menemui ajal nya. Nah, Field Device tersebut harus segera diganti agar tidak menimbulkan masalah bagi Operasi Pabrik.Uniknya, untuk Field Device dengan Protocol Fieldbus memiliki metode Penggantian yang sedikit berbeda dengan Field Device dengan Protocol HART/4-20 mA.

Umumnya pada Device HART/4-20 mA penggantian dapat segera dilakukan setelah kalibrasi. Namun, untuk device Fieldbus ini sedikit berbeda dimana selain kalibrasi kita juga perlu menyesuaikan Tag dan Address dari device Baru dengan Device Lama (yang telah terconfigure).

Pada contoh kali ini kita akan melakukan penggantian pada Positioner 101-FV-203. Langkah - langkah nya sebagai berikut :

1. Dapat kita lihat bahwa Icon Positioner 101FV203 berwarna merah, artinya Device tersebut telah disconnect dari Junction Box. Nampak juga Icon 101-FV-203 berwarna Hijau dengan Tanda Tanya (?) muncul yang menandakan ada Device baru yang terconnect ke JB tersebut. Device baru tersebut yang digunakan untuk mengganti Positioner yang lama.

Fieldbus Replacement

2. Klik kanan pada Device yang akan diganti dan Klik Device Replacement

Fieldbus Replacement

3. Next saja ga usah dibaca :P

Fieldbus Replacement

4. Centang centang pada box sebelah kiri dan Klik Replace the Failed Device with the Uncommisioned Replacement Device

Fieldbus Replacement

5. Klik OK saja

Fieldbus Replacement

6. Klik Continue saja

Fieldbus Replacement

7. Sama, dah ga usah dibaca Continue saja

Fieldbus Replacement

8. Klik OK 

Fieldbus Replacement


Jika langkah di atas sudah selesai maka selesailah proses Replacement Device tersebut. Artinya 101-FV-203 (Device Baru) telah berhasil menggantikan 101FV203 (Device Lama)

Sumber :

Honeywell Control Builder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Field Instrument - Dresser Masoneilan

Dresser Masoneilan Site :  http://site.ge-energy.com/corporate/shark/index.htm Youtube Channel : - Model : FVP110 Aplikasi : Positioner ...